Home » , » Klarifikasi Web SMK Mengapa tidak memakai Domain sendiri

Klarifikasi Web SMK Mengapa tidak memakai Domain sendiri

Written By Reza Fahlevy on Friday, February 1, 2013 | 2:11 AM

Debat Kemarin, Selasa (30/1) dari pertanyaan Osis SMKN 1 Tanah Jambo Aye di Lab TKJ Halaman SMK tersebut. Ada yang mempertanyakan "Mengapa Web SMK Kita tidak memakai Domain sendiri? Mengapa tidak www.smkn1tanjay.com saja? dan kenapa harus memakai blogspot.com?" dari pertanyaan tersebut disini admin akaan mengklarifikasikan, menjelaskan " Jika kita memakai Domain sendiri Bagaimana kemanan situs di Website sekolah kita?  Sepertinya cukup mudah dibobol peretas"

dari Pendapat Vaksincom yang dijelaskan di Artikel yang pernah saya jumpai


Ibarat kata iklan teh, Apapun makannya, minumnya *** *****. Kalau dalam keamanan situs: Apapun situsnya, tergantung adminnya. Jadi kita tidak bisa menghakimi keamanan situs berdasarkan siapa yang memiliki situs tersebut.

Tetapi, memang logikanya makin banyak pengakses suatu situs, makin tinggi minat peretas untuk membobolnya, apalagi kalau itu situs sekolah yang sering di deface saat sedang ada perlombaan atau apa bersangkut

Kemarin kejadian Peretas terjadi disebuah Situs Website Kantor DPR, dengan Layanan domain sendiri berhasil di jebol oleh para peretas yang melalukannya digantikan Headlernya menjadi Gambar Porno oleh para peretas yang tidak bertanggung jawab. Apakah karena kurangnya sekuriti atau karena pengelolaan situs yang diserahkan pada pihak ke tiga berdasarkan proyek/tender? dimana jika proyek sudah selesai dan situs sudah dibangun? sudah tidak ada orang yang (merasa) bertanggung jawab atas perawatan dan keamanan situs tersebut.
Ilustrasi 

Padahal, celah keamanan baru selalu ditemukan setiap hari dan untuk mengamankan suatu situs diperlukan stamina untuk selalu mengikuti ancaman terbaru dan melakukan antisipasi sepanjang masa untuk mengatasinya.

Sebenarnya situs web adalah sarana yang sangat efektif (mudah, murah, jangkauan terluas dan bisa diakses kapanpun 1 X 24 jam tanpa perlu ditongkrongi seperti loket layanan) dan jika dimanfaatkan secara optimal akan mampu memberikan manfaat dalam memberikan informasi, nilai tambah, menghilangkan birokrasi, meningkatkan kepuasan dan mengurangi tatap muka yang pada dasarnya menghabiskan waktu, sumberdaya dan biaya.

Menurut pantauan Vaksincom, sampai hari ini, beberapa situs pemerintah yang aktif namun mengandung malware berbahaya menurut pantauan G Data Antivirus adalah sebagai berikut (alamat lengkap disamarkan dengan *** untuk alasan keamanan)

Kesimpulan Admin mempertahankan Web SMK ini memakai Blogspot, dikarenakan Blogspot menaung dari Google jadi Sistem keamanan Google dikatakan lebih tinggi  tinggkatnya jadi tidak mudah untuk dijebol oleh para Hacker. Karena kita tidak mau Web kita diretas seperti Website DPR, Jadi jawaban yang dapat saya simpulkan Keamanan Blogspot Lebih Tinggi dari Pada Domain Web.

Rezafahlevy post.
Developer Admin Blog SMK Negeri 1 Tanah Jambo Aye
Bagikan Tautan ini? :

0 comments:

Post a Comment